/ -->

Sejumlah Hal yang Dibutuhkan oleh Anak supaya Tak Mudah Sakit

Sejumlah Hal yang Dibutuhkan oleh Anak supaya Tak Mudah Sakit

Rabu, 13 Februari 2019 08:10
Reporter : Rizky Wahyu Permana



Sejumlah Hal yang Dibutuhkan oleh Anak supaya Tak Mudah Sakit
ilustrasi anak sehat. ©nationalpeanutboard.org

Merdeka.com - Kekurangan berat badan dirasakan oleh selama 2 dari 10 anak Indonesia. Kurangnya berat badan ini menciptakan mereka menjadi kelemahan sel darah merah dan lebih rentan sakit.

Sel darah merah, kata berpengalaman gizi Saptawati Bardosono, diperlukan untuk membawa oksigen menyalurkan zat yang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Kekurangan sel darah merah pun akan mengakibatkan anak menjadi pendek.

"Terbukti bahwa 4 dari 10 anak tersebut sering merasakan infeksi drainase napas, batuk pilek panas secara berulang. Selain tersebut ada selama 1 dari 10 anak merasakan diare yang menghambat penyerapan makanan," kata Saptawati dalam gerakan '1 Juta Iya Boleh" dari Dancow di Jakarta sejumlah saat lalu.

Ancaman terkena sekian banyak  infeksi dapat terjadi saat anak sedang di luar rumah. Anak-anak yang bermain di luar rumah, katanya, 2-3 kali bakal lebih tinggi terserang infeksi.

Infeksi yang berulang akan menyebabkan tubuh memerlukan lebih tidak sedikit zat gizi untuk dapat memerangi infeksi dan guna tumbuh kembangnya.

Nutrisi berupa serat pangan yang mempunyai sifat prebiotik akan menciptakan bakteri baik di usus mengayomi saluran pencernaan. Sehingga dapat menurunkan infeksi di drainase cerna dan pernapasan.
bacajuga :

Terlalu Lama Duduk di Kantor Ternyata Bisa Sebabkan Ingatan Menurun


"Sistem pencernaan kita yakni usus adalahorgan kekebalan tubuh terbesar, karena tersebut kita mesti memodali anak dengan bakteri yang baik pada usus," kata dosen Departemen Nutrisi FKUI-RSCM Jakarta ini.

"Bakteri baik butuh dipelihara supaya hidup terus, sebab bakteri tersebut akan mengayomi saluran cerna sehingga dapat menurunkan infeksi di drainase cerna dan drainase pernafasan. Selain tersebut bakteri yang baik di dalam usus akan menambah daya tahan tubuh anak agar tidak gampang sakit," sambungnya.

Di samping itu, anak pun membutuhkan kalsium dan protein guna pertumbuhan jasmani mereka. Pertumbuhan jasmani dapat ditandai dengan perkembangan otot dan tulang.

"Protein dan kalsium dapat didapatkan dari makanan, tidak butuh dengan suplemen. Biasanya orang tua akan menyerahkan susu pada anaknya sebagai makanan selingan salah satu waktu makan," tandasnya.

Reporter: Siti Nurhaifa

MENGIKUTI POSTING TERBARU BLOG INI LEWAT EMAIL:

0 Response to "Sejumlah Hal yang Dibutuhkan oleh Anak supaya Tak Mudah Sakit"