/ -->

Cara mengatasi sinyal yang hilang dan jaringan data tidak muncul

Cara mengatasi jaringan yang data hilang

Baik sinyal dan layanan data pada smartphone sepertri android memang berperan sangat penting bagi kelancaran komunikasi seluler, ini adalah hal utama yang harus aktif pada smartphone yang kita miliki. Jika sinyal ataupun layanan data seluler hilang maka akan kita tidak akan dapat terhubung dan terkoneksi ke internet di smaartphone kita.





Pada sharing kali ini, Belajar Internet akan memberikan cara bagaimana sih untuk mengatasi sinyal yang hilang dan layanan data seluler yang tidak muncul di hp android.

Untuk penyebab  kejadian hilangnya sinyal sendiri ada banyak faktor, misalnya kamu baru saja membeli kartu sim baru yang belum di registrasi.


Lalu bagaimana cara mengembalikan sinyal yang hilang di android, Baca artikel ini hingga selesai ya,



Cara Memperbaiki paket data tidak muncul di android

1. Pastikan kartu SIM anda sudah terpasang dengan benar di android yang kalian miliki.

2. Selalu ingat untuk mencentang sinyal layanan data pada pengaturan, masuk ke Settings > Mobile Networks > Use Packet Data 
Bila layanan data sudah di centang namun jaringan masih belum muncul anda bisa menggunakan cara ke tiga
3. Coba gunakan flight mode ( mode pesawat ) cara ini cukup efektif dan bisa kamu coba sebelum merestart hp kamu, kegunaan mode ini adalah untuk merefresh jaringan dan ip pada hp kamu

4. Jika cara di atas masih juga belum berhasil, coba cek APN kamu, apakah sudah terisi dengan benar, silahkan masuk ke Settings > Mobile Networks > Access Point Names > Buat New APN. Disitu nanti kamu disuruh memasukkan APN internet, setiap kartu tentu berbeda-beda settingannya. 

Pastikan APN sudah terisi dengan benar, jika masih kosong silahkan isi dengan data yang benar, kamu bisa cari di google cara setting APN di android



Jika kalian sudah melakukan semua tips di atas namun masih juga belum muncul layanan datanya, bisa jadi di sebabkan karena provider yang kalian gunakan sedang mengalami gangguan, silahkan cek apakah memang begitu.


Lihat Juga:



Mengatasi Sinyal Yang Hilang Di Hp Android


Penyebab Hilangnya sinyal pada android

  1. Posisi kita di luar cakupan area jaringan
  2. Faktor cuaca
  3. Perbaikan jaringan oleh operator
  4. Kerusakan pada hardware HP
  5. Ada aplikasi atau software yang bermasalah, dst.
Namun jangan takut, masalah di atas dapat kita atasi dengan langkah di bawah ini.

Langkah memperbaiki sinyal hilang di android


1. Pastikan bahwa kalian sudah memasang kartu SIM dengan benar pada slot smartphone kalian

2. Restart Hp : Ini adalah cara paling sederhana untuk mengatasi sinyal yang hilang, karena seperti yang saya katakan pada langkah di atas, restart hp akan membuat proses pada smartphone memulai dari awal lagi, dan akan otomatis mencari jaringan yang baru.

3. Aktifkan Mode Pesawat : Sama seperti langkah mengatasi jaringan data seluler yang hilang, dengan mengaktifkan mode pesawat juga akan merefresh jaringan pada hp kita loh, dan akan otomatis mencari jaringan baru.

4. Coba Cari Jaringan Secara Manual:  
Untuk memilih jaringan secara manual caranya mudah kamu cukup masuk ke menu pengaturan jaringan. Caranya masuk ke Settings -Network - Connections-Mobile Network - pilih Operator[- Select manual. Smartphone akan mencoba terkoneksi pada jaringan yang sudah terdeteksi.
5. Sinyal radio kurang bagus pada smartphone kamu : 
Sinyal yang hilang dapat di sebabkan karena HP  tidak memancarkan sinyal radio yang bail. untuk mengatasinya kamu harus memasukan kode seperti di gambar di dial pad. Setelah itu akan muncul tampilan menu, dan pilih Phone Information.

Setelah itu klik Run Ping Test dan scroll ke bawah dan pilih, LTE/GSM auto (PRL). Kemudian tappada tombol Turn Off Radio. Ketika semua proses sudah selesai, restart HP kamu dan lihat perubahannya. Cek bagaimana kondisi jaringan kamu.



Penutup:
Itulah tadi artikel sederhana cara mengatasi sinyal dan jaringan data yang tidak muncul di android, semoga bermanfaat.




MENGIKUTI POSTING TERBARU BLOG INI LEWAT EMAIL:

0 Response to "Cara mengatasi sinyal yang hilang dan jaringan data tidak muncul"