/ -->

Top Strategi Dan Teknik SEO Untuk Blogger



Top strategi dan teknik SEO untuk blogger



Sebenarnya postingan ini postingan ini adalah lanjutan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul TOP STRATEGI DAN TEKNIK UNTUK BLOGGER AGAR MEMPUNYAI KONTEN BERKUALITAS, jika anda belum membaca postingan saya sebelumnya sebaiknya anda baca terlebih dahulu <Top Strategi dan Teknik untuk Blogger> , sebelum membaca postingan ini, namun jika anda telah membaca maka silahkan lanjut membaca postingan ini.


top strategi dan teknik SEO

Pada postingan saya sebelumnya sudah banyak saya bahas dasar-dasar penulisan artikel yang baik dan dapat meningkatkan kualitas konten, 

Sekedar mengingatkan di postingan saya sebelumnya, saya membahas tentang

  • Optimasi Mesin Pencari
  • Tips SEO untuk artikel berkualitas yaitu

  1. menulis konten yang luar biasa (berkualitas)
  2. panjang artikel yang harus di tulis
  3. terbitkan konten atau artikel secara berkala
  4. meningkatkan keterbacaan artikel
  5. menggunakan kata kunci di seluruh artikel yang sedang di buat
  6. pengoptimalan ambar
Dan masih banyak lagi tips yang saya berikan,
untuk kali ini saya akan melanjutkan tips dari postingan sebelumnya,

Tips strategi dan teknik SEO


Sitemap: Beritahu mesin pencari tentang blog Anda

Jika Anda ingin mesin pencari menemukan blog Anda, Anda perlu memberi tahu mereka di mana menemukannya. Anda dapat melakukannya dengan cepat dengan membuat dan mengirimkan apa yang disebut sitemap. Sitemap adalah indeks dari semua halaman Anda, posting dan konten lain yang Anda miliki di situs Anda.

Saya menggunakan plugin Google XML Sitemaps untuk secara otomatis membuat dan memperbarui sitemap saya, kapan saja saya melakukan perubahan pada blog saya. Setiap hari, plugin mengirimkan sitemap saya ke Google dan mesin pencari utama lainnya, sehingga mereka tahu bahwa ada konten baru bagi mereka untuk dirayapi. Tentu saja, saya tidak dapat memaksa mesin telusur untuk merayapi laman saya, tetapi kecuali Google telah memasukkannya ke daftar hitam, akhirnya akan melakukannya.

Saya juga merekomendasikan menggunakan Google Search Console (alias Google Webmaster Tools). Jika Anda sudah memiliki akun Google, cukup mendaftar untuk itu. Jika tidak, Anda harus membuat akun Google terlebih dahulu. Google Search Console memberi Anda banyak wawasan tentang status pengindeksan dan perayapan blog Anda. Misalnya, Anda dapat melihat kapan Google memproses peta situs Anda terakhir dan berapa banyak laman dan pos yang telah diindeks.


Catatan: Google baru saja merilis versi baru dari Search Console-nya yang juga memberi tahu Anda halaman apa yang tidak diindeks dan, terkadang, juga mengapa. Versi baru belum tersedia untuk semua halaman. Jika konsol baru belum tersedia untuk halaman Anda, berikan saja waktu dan tunggu Google memberi tahu Anda ketika sudah tersedia!



Jangan mencoba menipu Google

SEO digunakan untuk menjadi sinonim untuk mencoba mengelabui mesin telusur agar memberi peringkat laman Anda lebih tinggi daripada yang lain. Namun selama bertahun-tahun, Google secara berkala memperbarui algoritmanya untuk menindak dan secara besar-besaran menghukum perilaku semacam itu.

Tipp: Jangan mencoba menipu Google. Sebagai gantinya, "buat laman terutama untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur."

Tetaplah berpegang pada rekomendasi Google dan buat halaman untuk pembaca Anda dan bukan untuk mesin telusur. Jika pengguna menyukai konten Anda, begitu juga mesin telusur dan Anda tidak akan berisiko mendapatkan hukuman atau bahkan daftar hitam.

Google membuat perubahan signifikan lainnya pada algoritme penelusurannya pada bulan Maret 2018. Sasaran dari perubahan itu adalah untuk memunculkan hasil penelusuran berkualitas lebih tinggi kepada pengguna. 



Bantu Google memahami konten Anda


Mesin pencari menggunakan apa yang disebut robot (atau bot) untuk merayapi Internet dan mengindeks apa yang mereka temukan. Tapi sepintar bot, mereka bukan manusia. Akibatnya, Anda harus membantu mereka memahami apa yang "mereka lihat" saat mereka merayapi situs Anda.

 
Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menambahkan data terstruktur yang menjelaskan tentang isi konten Anda. Saya tahu dua standar yang digunakan mesin pencari utama untuk memahami struktur halaman Anda:

SEO yang saya gunakan mendukung keduanya, dan jadi saya sudah terbiasa menambahkan data terstruktur untuk kedua standar. Jenis data yang saya tambahkan termasuk atribut berikut:

  • Tipe Data: yaitu, Artikel
  • Jenis Artikel: yaitu, Posting Blog
  • Judul Artikel
  • Deskripsi artikel
  • Gambar Artikel
  • Nama Penayang
  • Logo Penayang



Optimalkan gambar

Saya akan berbicara lebih banyak tentang waktu buka halaman lebih jauh ke bawah, tetapi gambar memainkan peran utama dalam seberapa cepat sebuah halaman dimuat. Google memperhitungkan waktu buka untuk tujuan peringkat. Lebih penting lagi, pengguna memperhitungkan waktu buka dan mungkin meninggalkan halaman Anda jika memuat terlalu lambat.

Akibatnya, penting untuk mengoptimalkan gambar yang Anda gunakan di blog Anda. Mengoptimalkan biasanya berarti mengompresi dan menghapus metadata yang tidak perlu. Anda dapat memilih antara kompresi lossless dan lossy. Yang terakhir ini akan menurunkan kualitas gambar Anda tetapi menghasilkan ukuran file yang lebih kecil.

Saya dulu mengoptimalkan gambar sebelum mengunggahnya ke Blogger menggunakan aplikasi gratis bernama ImageOptim. Ini melakukan pekerjaan yang sangat baik mengurangi ukuran gambar, tetapi ada tangkapan. Ketika Anda mengunggah gambar ke blog Anda, Blogger secara otomatis membuat beberapa salinan gambar tersebut dalam berbagai resolusi. 

Juga, pastikan bahwa gambar yang Anda gunakan di artikel Anda tidak lebih lebar dari lebar konten Anda. Sebagai contoh, lebar artikel blog saya adalah sekitar 600 piksel. Sebagai akibatnya, saya telah mengonfigurasikan  untuk membuat salinan gambar saya berukuran sedang yang lebarnya 600 piksel. Foto-foto yang diubah ukurannya adalah gambar yang saya tambahkan ke konten saya, bukan asli resolusi penuh. Keuntungannya adalah tidak mencoba memuat gambar yang lebih besar dari yang dapat ditampilkan di layar. 



Perbarui konten lama secara teratur

Bergantung pada topik apa yang Anda tulis, artikel yang sebelumnya diterbitkan akan segera usang atau lambat. Itulah mengapa penting untuk memperbarui artikel lama secara teratur.

Selama bertahun-tahun, saya hanya fokus untuk menghasilkan konten baru. Dengan melakukannya, saya benar-benar mengabaikan artikel yang diterbitkan sebelumnya. Saya berkata pada diri sendiri bahwa saya tidak punya waktu untuk kembali dan memperbarui hal-hal lama. Pandangan itu picik karena berbagai alasan:

Memperbarui artikel yang lebih lama biasanya membutuhkan waktu lebih sedikit daripada menulis konten baru.
Secara keseluruhan, Google memperhatikan kesegaran konten Anda.
Anda berhutang kepada pembaca Anda untuk mempertahankan konten Anda.
Akibatnya, beberapa bulan yang lalu, saya mulai memperbarui artikel lama yang menurut saya sepadan. Itu berarti saya melihat betapa relevannya topik dan berapa banyak pengguna yang membaca artikel setiap bulan. Jika artikel itu sudah usang tetapi bagus dan memiliki traffic, saya akan memperbaruinya.

Secara keseluruhan, memperbarui artikel yang lebih lama adalah cara yang murah untuk mempertahankan pengunjung Anda dan memberi tahu Google bahwa Anda belum mengabaikannya.

Kiat: Jika Anda telah menulis perbandingan berbagai produk, buatlah titik untuk menambahkan produk baru ke ulasan lama Anda saat Anda menemukannya. Itu adalah cara mudah untuk menambahkan nilai ke konten yang dipublikasikan sebelumnya.

  • Hapus konten usang atau tipis
  • Setel konten "tipis" ke NoIndex
  • Setel konten "tipis" ke NoIndex
Ketika saya mulai mengambil SEO dengan lebih serius, saya memerhatikan semua artikel yang saya terbitkan. Sekitar setengah dari apa yang saya tulis tidak dapat diperbaiki, baik karena artikel tersebut tidak memiliki nilai nyata atau ditulis dengan sangat buruk dan harus dibuat ulang. Ketika itu terjadi, saya menghapus artikel. Tentu saja saya takut bahwa saya akan kehilangan lalu lintas, tetapi kenyataannya, yang terjadi adalah sebaliknya. Hitungan pengunjung saya naik setelah saya menipiskan konten yang tidak lagi memenuhi standar kualitas saya.

Tetapi Anda tidak perlu menghapus seluruh artikel. Sebagai gantinya, Anda dapat mengaturnya ke "NoIndex" dan memerintahkan Google untuk mengabaikannya saat merayapi halaman Anda. Dari perspektif SEO, itu memiliki efek yang sama seperti menghapus artikel. Tentu saja, jika Anda tidak ingin pengunjung menemukan artikel tertentu, tidak peduli apa, lanjutkan dan hapus.


Kiat: Semakin sedikit konten "tipis" yang ditemukan Google di blog Anda, semakin berharga situs Anda. Konten yang tipis dapat menyeret seluruh laman Anda, jadi kejam dan NoIndex atau hapus konten yang tidak menambah nilai.

ALAT OPTIMALISASI MESIN PENCARIAN

Di bagian ini, saya akan berbicara tentang beberapa alat yang saya gunakan untuk membantu saya dengan pengoptimalan SEO. Anda bisa pergi tanpa alat, tetapi akan jauh lebih sulit dan rawan kesalahan.


  • Yoast - konfigurasi Breadcrumb

Ketika saya pertama kali membasahi kakiku dengan SEO, saya menggunakan plugin Yoast yang populer. Yoast menawarkan versi premium gratis dan berbayar. Saya mulai dengan versi gratis dan kemudian beralih ke penawaran premium karena datang dengan fitur tambahan yang saya anggap berguna. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang perbedaan antara Yoast SEO Gratis dan Yoast SEO Premium di sini.

Yoast SEO adalah plugin yang kuat, tetapi saya berhenti menggunakannya karena bug yang akan menyebabkan editor WordPress menjadi sangat lambat saat mengetik. Bug telah ada selama lebih dari setahun, dan saya muak karena harus menonaktifkan plugin secara konstan ketika mengedit artikel besar. Baru-baru ini saya mengetahui bahwa fitur "Readability" Yoast adalah penyebab lag dan melumpuhkannya harus memperbaiki masalah. Saya berencana untuk membuat perbandingan yang lebih rinci antara Yoast dan plugin yang saya gunakan sekarang di artikel yang akan datang.



FAKTOR LAIN YANG MEMPENGARUHI RANKING ANDA

Otoritas domain

Menurut Moz, otoritas domain adalah ukuran kekuatan nama domain dan merupakan salah satu dari banyak faktor peringkat mesin pencari. Otoritas domain didasarkan pada tiga faktor: Usia, Popularitas, dan Ukuran.

Dengan kata lain, semakin tua blog Anda, dan semakin banyak konten dan tautan balik yang Anda miliki, semakin tinggi otoritas domain Anda. Anda dapat memeriksa otoritas domain laman Anda menggunakan MozBar, ekstensi untuk Chrome.

Menurut Moz, domain saya adalah 5,8 tahun, memiliki sekitar 900 backlink dan menurut MozBar, ia memiliki otoritas domain 17. Domain dari teman blogging saya David Sparks adalah 10,5 tahun, memiliki lebih dari 30.000 backlink dan otoritas domain dari 54. Seperti yang Anda lihat, dua perbedaan signifikan antara domain kami adalah usia dan tautan balik atau backlink


Otoritas halaman

"Otoritas Halaman" mirip dengan otoritas domain tetapi berlaku untuk halaman individu, misalnya, artikel blog.



Tautan balik atau Backlink

Tautan balik adalah tautan masuk ke situs web Anda dan merupakan faktor penting dalam meningkatkan domain atau otoritas laman. Tautan balik adalah indikasi popularitas, dan itulah sebabnya mesin telusur menggunakannya sebagai faktor peringkat.

Ada berbagai jenis backlink yang membawa nilai berbeda mengenai SEO. Sebagai contoh, semakin tinggi otoritas domain dari situs tautan, semakin banyak jus SEO yang dibawa oleh tautan balik. Selain itu, mesin telusur melihat tautan balik yang tertaut ke laman individual (yaitu, artikel) sebagai lebih berharga daripada tautan yang mengarah ke beranda Anda.

Saran: Bila Anda menyebutkan merek atau halaman lain dengan baik di salah satu artikel Anda, biarkan merek atau pemilik laman mengetahui dan menanyakan apakah mereka akan membagikan artikel Anda di laman mereka. Itu adalah cara yang murah tetapi kuat untuk membangun tautan balik.

Perhatikan bahwa tidak semua tautan membawa nilai SEO, terutama yang ditandai dengan tag "NoFollow", yang menginstruksikan mesin telusur untuk tidak mengikuti tautan tersebut untuk pengindeksan. Sebagian besar forum online secara otomatis menandai semua tautan yang disertakan dalam komentar pengguna sebagai NoFollow. Jadi saat berkomentar di blog orang lain dan menambahkan tautan ke komentar Anda yang mengarah kembali ke blog Anda, tentu meningkatkan keterlihatan konten Anda, kemungkinan tidak akan berdampak SEO apa pun atau meningkatkan domain atau otoritas laman Anda.


CARI TIPS OPTIMISASI PENCARIAN

Saya harap Anda telah menyadari sekarang bahwa optimisasi mesin pencari yang efektif relatif mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Faktanya, sebagian besar strategi SEO yang saya sebutkan di atas gratis, dan Anda tidak perlu menyewa "pakar SEO" untuk membantu Anda menerapkannya. Tetapi Anda dapat membuat hidup Anda sedikit lebih mudah jika Anda menggunakan beberapa alat yang saya sebutkan, seperti SEOPressor. Di luar itu, saran terbaik saya kepada Anda adalah untuk “mengukur dua kali dan memotong sekali.” Untuk blogging, itu berarti meluangkan waktu untuk menulis konten yang luar biasa dan mendapatkan dasar-dasar SEO tepat sebelum mengklik tombol publikasikan. Jangan stres, seperti yang saya lakukan di masa lalu, tentang mengeluarkan artikel dengan cepat. Jika Anda melakukannya, Anda akan mulai memotong sudut yang akan menyakiti Anda dalam jangka panjang. Jadi luangkan waktu Anda dan lakukan dengan benar dan saya yakin bahwa Google akan membalas Anda dengan mengirimkan pengunjung dengan cara Anda. 

MENGIKUTI POSTING TERBARU BLOG INI LEWAT EMAIL:

0 Response to "Top Strategi Dan Teknik SEO Untuk Blogger"