/ -->

Sekarang Pasien Serangan Jantung Bisa Segera Ditangani Asal Waktunya Tepat

Reporter : Rizky Wahyu Permana
Sekarang Pasien Serangan Jantung Bisa Segera Ditangani Asal Waktunya Tepat

ilustrasi serangan jantung. ©www.newsweek.com

Merdeka.com - Sindroma Koroner Akut (SKA) atau serangan jantung adalahpenyakit yang dirangsang oleh penyumbatan di pembuluh darah. Serangan ini seringkali terjadi secara seketika dan menciptakan pasien tidak memiliki tidak sedikit waktu.

Walau serangan jantung ini seringkali terjadi secara seketika namun ternyata sebetulnya masih bisa disembuhkan. Waktu yang dipunyai seseorang memegang peran urgen dalam upaya penyelamatan.

"contoh Serangan jantung ditandai dengan nyeri dada, keringat dingin, sensasi kesemutan sampai tercekik sekitar lebih dari 20 menit," kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Ade Median Ambari, di Jakarta.

Penyumbatan pembuluh darah bisa dikategorikan menjadi oklusi (penyumbatan) total dan parsial. Bagi mengatasinya, dokter akan mengerjakan reperfusi atau perbuatan membuka pembuluh darah.

Jika penyumbatan sudah menjangkau 50-70 persen, maka mesti dilaksanakan pemasangan ring atau operasi bypass.

"Pasien dengan situasi oklusi total mesti segera ditangani sebelum merasakan gagal jantung. Sebaiknya dalam 3 jam segera di bawa ke lokasi tinggal sakit sebab memang tidak ada opsi lain," ujarnya.

Nantinya, pasien akan melewati pemeriksaan elektrokardiogram (EKG), marka jantung, tes laboratorium, potret dada sampai tindakan lanjut laksana CT Scan. Pasien bisa sembuh dan beraktifitas laksana biasa.

Perlu dikenang bahwa terapi obat-obatan jangan dilewatkan. Sebab, risiko kambuh dapat mencapai 35 persen. Penyumbatan dapat terjadi di lokasi yang sama atau di arteri lainnya.

Reporter: Annisa Mutiara Asharini
Sumber: Dream.co.id [RWP]

baca juga :

Begini Cara Menentukan Apakah Harus Libur atau Tetap Kerja Ketika Sakit


MENGIKUTI POSTING TERBARU BLOG INI LEWAT EMAIL:

0 Response to "Sekarang Pasien Serangan Jantung Bisa Segera Ditangani Asal Waktunya Tepat"