/ -->

Pada Usia 40 ke Atas, Lakukan Medical Check Up guna Tentukan Jenis Olahraga

Reporter : Rizky Wahyu Permana
Pada Usia 40 ke Atas, Lakukan Medical Check Up guna Tentukan Jenis Olahraga



Pada Usia 40 ke Atas, Lakukan Medical Check Up guna Tentukan Jenis Olahraga
ilustrasi dicek dokter. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketika umur seseorang bertambah, maka butuh upaya tambahan untuk mengawal dan menyimak kesehatan. Oleh sebab itu, paling penting untuk seseorang untuk mengerjakan pengecekan kesehatan secara rutin (medical check up).

"Biasanya di patokan umur 40 mesti medical check up. Di atas 40 tahun tersebut sudah dirasakan tua. Setelah tahu kondisinya, anda (dokter) jadi tahu mesti menyerahkan olahraga atau pelajaran seperti apa," kata dokter spesialis kedokteran olahraga dari Rumah Sakit Premier Bintaro, dr Hario Tilarso.

Misalnya, saat ada orang yang ternyata didiagnosis stroke. Jenis olahraga yang diberikan, kata Hario, seringkali tak jauh bertolak belakang dengan orang normal, yaitu pelajaran kardiovaskular laksana aerobik, senam, atau bersepeda.

baca juga :

Coba Batasi Takaran Vitamin yang Larut Dalam Lemak


Durasinya juga sama. Sebanyak tiga kali dalam seminggu, yang dilaksanakan selama 20 hingga 60 menit, dengan intensitas tidak terlampau melelahkan.

"Semua tersebut tetap dia lakukan. Cuma mesti disertai dengan sejumlah obat-obatan," ujarnya.

"Kalau dia menderita stroke, stroke-nya sebab apa dulu. Apakah sebab tekanan darahnya yang tinggi atau sebab darahnya yang kental? Kalau darahya kental, dikasih obat pengencer darah. Obat ini dari dokter yang mengecek orang tersebut," kata Hario menambakan.

Dengan begitu, olahraga tidak membebankan pasien stroke tersebut. Dengan teratur mengonsumsi obat-obatan, stroke yang bersemayam di tubuhnya dapat dikendalikan. Ditambah pula dengan berolahraga yang tepat, pasien tetap bugar dan terlihat laksana tak sedang sakit.

"Berdurasi dan konsep latihan, antara orang yang menderita stroke dan yang normal, sama saja. Bedanya, melulu harus diimbangi dengan obat-obatan yang barangkali diperlukan," kata Hario menekankan.

sumber : https://www.merdeka.com/sehat/pada-usia-40-ke-atas-lakukan-medical-check-up-untuk-tentukan-jenis-olahraga.html

MENGIKUTI POSTING TERBARU BLOG INI LEWAT EMAIL:

0 Response to "Pada Usia 40 ke Atas, Lakukan Medical Check Up guna Tentukan Jenis Olahraga"