/ -->

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu

Pernah merasa gigi ngilu saat mencicipi es krim atau menyikat gigi? Bisa jadi Anda merasakan gigi sensitif. ayo obati dan cegah gigi ngilu dengan cara-cara di bawah ini.

Pada gigi sensitif, kegiatan sederhana keseharian seperti makan, minum, dan menyikat gigi dapat mengakibatkan gigi terasa ngilu. Namun dengan mendeteksi penyebabnya, situasi ini bisa diatasi.

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu - Alodokter

Kenapa Gigi bisa Menjadi Sensitif?
Gigi terasa ngilu atau gigi sensitif umumnya diakibatkan karena terkikisnya lapisan pelindung gigi yang dinamakan email atau sebab terpaparnya akar gigi. Gigi kita menjadi sensitif saat gusi terbuka, sampai-sampai dentin, lapisan di bawahnya, terpapar sekian banyak  rangsangan. Dentin terdiri dari unsur dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan drainase kecil yang mengarah ke saraf gigi. Kondisi ini mengakibatkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat merangsang rasa ngilu.

Faktor beda yang bisa menjadi pemicu gigi ngilu merupakan:

Lubang pada gigi. Gigi berlubang bisa menjadi lokasi bakteri bersarang.
Efek samping formalitas yang dijalankan di dokter gigi laksana pemutihan gigi.
Radang pada gusi (gingivitis).
Menyikat gigi terlampau kencang.
Penumpukan plak.
Konsumsi makanan dan minuman yang terlampau asam.
Penyakit gigi dan gusi.
Gigi retak.
Suka menggertakkan gigi.
Usia.
Mengusir Ngilu Gigi
Memeriksakan diri ke dokter gigi ialah langkah kesatu yang bisa Anda lakukan. Dokter bakal mendeteksi penyebab gigi ngilu kita menurut riwayat keluhan, fenomena yang Anda ucapkan dan hasil pemeriksaan. Berikut ini sejumlah hal yang bisa menjadi solusi:

Pasta gigi dengan rumus tertentu khusus guna gigi sensitif
Sebagian pasta gigi dapat menolong meredam ngilu sebab gigi sensitif.
Flouride
Dokter bisa mengolesi gigi kita yang sensitif dengan fluoride dan meresepkannya untuk dipakai di rumah supaya dapat memperkuat email gigi dan meredakan gigi ngilu.
Mengikat atau menebalkan
Permukaan akar gigi yang terpapar bisa ditangani dengan lapisan pengikat (bonding resin) yang diaplikasikan pada Proses ini mungkin memerlukan bius lokal.
Bedah gusi
Akar gigi yang sudah kehilangan lapisan gusi dapat mengakibatkan gigi menjadi ngilu atau Solusi dapat dilaksanakan dengan pemungutan gusi dari bagian beda untuk lantas dipasang pada unsur yang hilang ini.
Perawatan drainase akar gigi (root canal treatment)
Perawatan drainase akar gigi dilaksanakan dengan mengasuh pulpa gigi. Cara ini dilaksanakan jika perawatan lain telah tidak bekerja efektif sedangkan rasa nyeri yang kita alami telah tidak tertahankan.
Jika sesudah menjalani pengecekan dan perawatan tetapi gigi ngilu masih mengganggu, segera datangi dokter gigi kembali.

Menjaga Kesehatan Gigi
Menyadari kerumitan perawatan gigi sensitif di atas, maka usahakan kita mencegah situasi tersebut sebelum terjadi. Berikut ini sejumlah cara yang dapat dilaksanakan untuk menangkal terjadinya gigi ngilu.
baca juga :

Deretan Manfaat Sehat yang Dikandung oleh Buah Nangka

5 Hal yang Biasa Menyebabkan Seseorang Tiba-tiba Pingsan

Cara sangat sederhana ialah menjaga kesucian dan kesehatan gigi dengan menyikat gigi dua kali sehari dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi berflouride, pun menggunakan benang gigi masing-masing hari.Hindari menggosok gigi terlampau sering, menggosok dengan kasar, atau pasta gigi dengan kadar yang dapat mengakibatkan lapisan gigi rusak.Hindari menajamkan dan menggeretak gigi yang dapat mengakibatkan gigi retak dan menjadi sensitif.Batasi makanan dan minuman asam, laksana minuman soda, yogurt, dan jeruk asam. Semua ini bisa mengikis beberapa email gigi terus- Minum dengan memakai sedotan dapat meminimalisir risiko ini.
Minumlah air mineral guna menormalkan kadar asam di mulut sesudah mengonsumsi susu atau makanan serta minuman yang berisi asam.
Hindari langsung menyikat gigi sesudah mengonsumsi makanan dan minuman yang berisi asam. Asam menciptakan email gigi menjadi lebih empuk dan gampang terkikis ketika disikat.
Rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi masing-masing 6 bulan atau cocok jadwal yang dianjurkan dokter gigi.
Perawatan teratur dan menjaga kesucian gigi ialah kunci utama pencegahan gigi sensitif. Jika kita masih menikmati gigi ngilu sesudah melakukan sejumlah tips di atas, segera konsultasikan keluhan kita ke dokter gigi.

MENGIKUTI POSTING TERBARU BLOG INI LEWAT EMAIL:

0 Response to "Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu"