/ -->

Cara membuat Blog gratis di BlogSpot Blogging Platform - Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DI BLOGSPOT - PANDUAN UNTUK PEMULA



Sering saya mendapatkan pertanyaan dari teman-teman yang umumnya bukanlah seorang blogger, artikel cara membuat blog gratis untuk pemula ini saya tulis karena banyak permintaan dari teman-teman saya yang ingin membuat blog tetapi mereka tidak tau bagaimana cara membuat blog seperti saya, "maklum teman-teman saya kebanyakan orang yang setiap hari cek jumlah followers instagram"

Bagaimana cara membuat blog, apa itu blog, bagaimana cara membuat blog gratis, bagaimana cara membuat blog di blogspot, cara edit templat, bagaimana cara membuat website, bagaimana blog bisa menghasilkan uang, belajar membuat bloig sendiri, bagaimana cara membuat blog di hp android.

Pertanyaan di atas sangat sering saya dapatkan ketika saya sharing artikel di sosial media, 
karena saya tidak mungkin menjelaskan kepada mereka satu-persatu, oleh sebab itu saya membuat artikel cara membuat blog gratis di blogspot, dan tentunya tutorial ini untuk para pemula yang ingin tahu apa itu blog dan bagaimana cara membuat blog,


Memiliki sebuah blog adalah hal yang sangat bermanfaat "menurut saya" karena Anda dapat berbagi apa yang Anda ketahui dan berbagi kepada para pembaca blog kita (.. .dan jika Anda bijaksana, Anda juga dapat memperoleh penghasilan yang layak dari blog Anda).


Di sini di Belajar Internet, saya akan menulis tentang  platform blogging yang dapat Anda gunakan untuk menciptakan sebuah blog untuk diri sendiri.

Ada banyak platform blogging yang menawarkan kepada para  pengguna kemampuan untuk membuat blog gratis, Jika Anda mencari blog gratis sederhana, saran saya anda dapat memulai dengan menggunakan platform blog dengan WordPress.com atau BlogSpot.com

Setelah Anda memiliki beberapa pengalaman blogging, Anda bisa menjadikan blog anda lebih profesional dengan hosting  WordPress dan domain sendiri (TLD) 

BlogSpot memungkinkan Anda untuk membuat blog gratis, banyak para pemula yang memulai blogging berawal dari platform blog gratis ini , tetapi memiliki keterbatasan.

Namun, seperti yang saya sebutkan di atas, untuk pemula ini adalah cara yang bagus untuk belajar bagaimana untuk membuat sebuah blog dan mulai proses blogging.

cara membuat blog


Postingan ini didedikasikan untuk "pemula" yang baru memulai untuk blogging dan ingin memulai dengan belajar dasar-dasar  dalam proses cara membuat blog

Sebelum saya mulai tutorial lengkap, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

Pertama, BlogSpot adalah blogging platform yang didukung oleh Google, google menawarkan Anda kesempatan untuk memulai sebuah blog, itu berarti semua gambar Anda akan di-host oleh Picasa (juga bagian dari Google).  BlogSpot, dalam pengertian ini, adalah platform blogging Google-sentris.
Kedua, jika tujuan dari blog Anda adalah untuk menghasilkan uang dari blog anda dapat mengajukan untuk monetisasi blog anda dengan google adsense untuk blog.

Langkah-langkah panduan cara membuat blog gratis di Blogspot.


Untuk membuat blog di BlogSpot dan membuat blog situs gratis, anda  dapat langsung menuju ke BlogSpot.com dan login menggunakan akun Google Anda. Jika Anda tidak memiliki akun Google (gmail), Anda dapat membuat akun google secara  gratis.

Untuk pengguna pertama kali, Anda akan melihat pilihan untuk menggunakan identitas dari profil Google Plus, atau Anda dapat menggunakan profil Blogger terbatas. Saya sarankan menggunakan profil Google Plus.

Setelah Anda login, klik pada "blog baru" 

Berikan blog anda identitas/membuat nama blog

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan nama dan pilih domain Anda. Saya sarankan Anda membaca "Bagaimana untuk memilih nama Domain" untuk informasi tambahan.

Hindari menggunakan nama Anda sendiri sebagai nama domain, dan sebagai gantinya menggunakan beberapa nama domain generik yang dapat Anda gunakan kemudian dengan domain kustom.

Anda kemudian dapat memilih template blog (Anda bisa mengubahnya Kapan saja), dan klik pada "create blog".

cara membuat blog gratis di blogspot


Sekarang blog Anda telah dibuat, tapi Anda belum selesai!

Ada beberapa pengaturan yang Anda butuhkan untuk mengatur blog pada  BlogSpot Anda yang baru dibuat untuk membuatnya mudah digunakan dan terlihat lebih profesional dan menarik.

Hal Paling penting yang Anda harus lakukan adalah mengubah template blog Anda dari tema default generik dan membosankan (menurut saya).

Anda dapat menuju ke "Pengaturan" > "Template" dan perubahan template dari sana, dan bagi anda yang pemula atau membuat blog di hp android, 
saya sarankan anda membaca postingan saya tentang cara mengganti templat blog cara pada postingan tersebut hanya berbeda sedikit dari cara menggabti templat blog melalui pc. 



cara membuat blog gratis di blogspot

Pada Halaman gambar di atas, Anda dapat menambahkan logo ke header blog BlogSpot Anda, dan menambahkan atau menghapus berbagai fitur lainnya.


Setelah Anda memiliki beberapa posting blog dan mulai mendapatkan trafik dan berjalan secara alami, Anda dapat menuju ke "Pengaturan" > "Penghasilan" dan memungkinkan anda membuat pengajuan google adsense. Ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang dari blog BlogSpot secara gratis.

cara daftar adsense blog


Saya sarankan untuk tidak mengajukan adsense terlebih dahulu sebelum anda mempunyai banyak postingan dan blog anda mendapatkan trafik


Jadi blog Anda sudah hampir siap dan Anda dapat mulai menulis postingan, hanya ada beberapa hal yang harus anda lakukan, seperti menganti templat blog, mengatur tata letak blog, membuat postingan blog dan yang paling penting agar blog anda dapat berada pada pencarian google adalah dengan melakukan pengaturan pada search consol

Baca postingan saya



Mengenal menu-menu pada dashboard blogger


Ada beberapa menu pada dashboard blogger yang harus anda ketahui


menu-menu pada blogger
ini adalah tampilan dashboard blogger Belajar Internet

saya akan jelaskan kepada anda menu apa saja yang ada di blogger dan apa saja fungsi dari menu-menu tersebut.

Pos menampilkan data semua pos yang ada  pada blog anda, pos yang sudah atau telah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dalam menu ini, anda juga bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat. 

Statistik menampilkan berbagai informasi statistik pada blog anda, seperti jumlah penayangan hari ini, kemarin, dan bulan lalu. Selain itu, pada menu ini juga menampilkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan blog anda dan lain sebagainya. 

Komentar menampilkan komentar yang telah diterbitkan, komentar yang masih menunggu moderasi, dan komentar yang tergolong spam. 

Kampanye  pada menu kampanye menampilkan menu seputar Adwords. Anda bisa mempromosikan blog anda dengan Adwords ini, tetapi tentu saja ini tidak free. 

Laman  pada bagian ini menampilkan jumlah laman pada blog anda, laman yang masih berbentuk draft, dan laman yang sudah diterbitkan seperti ABOUT, PRIVACY, SITEMAP dan masih laman lainya

Tata Letak di bagian ini anda bisa kustomisasi  dan mengatur tampilan atau menambahkan gadget (device) pada blog anda. 

Tema menampilkan pengaturan pada layout atau tema blog anda. Untuk mengedit, mengganti format blog anda, dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini. 

Setelan menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini. 

Daftar Bacaan menampilkan postingan terbaru dari blog-blog yang anda ikuti. 

Bantuan menampilkan beberapa artikel bantuan mengenai bagaimana cara menggunakan blog di Blogger.


Bagaimana cara menulis postingan atau konten di Blogger?


Setelah membuat blog, hal pertama yang kita pikirkan pastinya adalah konten blog atau postingan, nah bagaimana cara menulis postingan di blogger? 
cara menulis postingan di blogger sangatlah mudah, bahkan sangat-sangat mudah, yang sulit andalah anda harus memikirkan berbagai ide postingan dan yang pastinya harus mengetik dan di larang copas blog orang lain.

cara membuat postingan di blogger


Pada gambar di atas anda langsung saja menuju atau klik menu New Post

Ada beberapa bagian yang harus anda ketahui pada tampilan bagian penulisan konten, sebelum anda mulai menulis konten di blogger sebaiknya anda tahu apa saja fungsi menu tersebut.


fungsi menu postingan blog


Pada gambar di atas ada beberapa bagian yang akan saya jelaskan

  1. Judul konten/postingan yang akan kita buat
  2. berbagai tombol yang berfungsi untuk mempublikasikan postingan, menyimpan postingan dan melihat pratinjau postingan yang kita buat sebelum di publikasikan
  3. Ini adalah mode penulisan, ada 2 metode penulisan, yaitu mode compose dan mode HTML, secara default pada saat kita mulai menulis konten pada blog, mode  compose lah yang  di gunakan.
  4. menu ini tidak jauh berbeda pada microsoft word, di sini adalah bagian untuk formating dan pengelolaan teks pada konten anda yang sedang anda buat.
  5. menu pengaturan pada konten/postingan, seperti setting jadwal postingan, deskripsi pencarian, memberi label postingan, dan pengaturan link permanent.
  6. pada bagian nomer 6 pastinya adalah tempat untuk isi konten anda yang akan anda buat.
Jika konten atau postingan yang anda buat telah selesai dan siap di publikasikan, maka langsung klik pada menu PUBLIKASIKAN




Penutup
Semoga dengan artikel sederhana tentang cara membuat blog gratis di blogspot ini bisa menjawab semua pertanyaan bagi para pemula yang baru ingin membuat blog secara gratis

MENGIKUTI POSTING TERBARU BLOG INI LEWAT EMAIL:

0 Response to "Cara membuat Blog gratis di BlogSpot Blogging Platform - Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot"